Sabtu, 11 Agustus 2012

MEMILIH MAKANAN TEPAT SAAT MAKAN

Pemilihan makanan yang tepat akan membantu memperlancar Nafsu Makan Anda


http://wartaaceh.com/wp-content/uploads/2012/07/Ilustrasi-memilih-makanan-seimbang-merdeka-dotcom.jpg

1. Pilih makanan berkalori
Saat makan sebaiknya pilih makanan yang mengandung kalori, vitamin, dan mineral seperti roti selai kacang, susu low fat, atau roti keju. Dengan mengonsumsi makanan ini, Anda bisa memperoleh zat gizi dengan kandungan kalori yang tinggi. Akibatnya, setelah glikogen diserap jaringan otot, zat makanan ini bisa memberikan sisa energi yang diperlukan tubuh terutama tiga jam menjelang berbuka puasa.
.
2. Jangan makan terlalu kenyang saat makan
Setelah makan, pencernaan butuh "pemanasan" sebelum mencerna makanan yang terlalu berat dan banyak. Bila terlalu banyak makan saat makan otomatis pencernaan akan kaget dan terlambat mencerna. Ini akan mengakibatkan perut menjadi kembung
.
3. Hindari makanan yang menyebabkan iritasi
Saata makan, pencernaan akan menjadi sedikit lemah dan mudah mengalami iritasi saluran pencernaan. Usahakan untuk menghindari atau mengurangi santapan makanan pedas, berlemak, dan makanan kalengan.Apalagiyang tidak pernah menyatap makanan pedas.

4. Perbanyak minum air putih
Air putih bisa membantu proses detoksifikasi. Selain itu, minum air putih akan membantu melindungi tubuh dari dehidrasi. Menurut Peter dan Nugroho, idealnya cairan yang harus dikonsumsi saat sahur adalah 3-4 gelas dan 3-4 gelassetiap hari.
5. Batasi konsumsi makanan tak sehat

Saat makan, sebaiknya batasi konsumsi gula, gorengan, dan juga makanan bersantan. Jenis makanan ini akan membuat orang lebih cepat kenyang namun kebutuhan gizi yang masuk belum cukup untuk memulihkan energi yang hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar