Minggu, 09 September 2012

Ayo Cegah Alergi Pada Debu

http://inginsekalisehatt.files.wordpress.com/2011/07/alergi1.jpg?w=600 Pencegahan Alergi Debu

Alergi merupakan gangguan kesehatan yang masih sulit diatasi. Gangguan alergi masih menyimpan berbagai  ketidakjelasan  yang  masih  belum  terungkap.  Penanganan  alergi  yang  terbaik  adalah mencari pemicu dan penyebab alergi. Makanan, hirupan, kontak kulit dan obat-obatan merupakan penyebab alergi, sedangkan pemicu alergi adalah infeksi (panas, batuk, pilek), aktivitas yang meningkat,  udara  panas  dan  udara  dingin,  minuman  dingin,  setres  dan  gangguan  hormonal (kehamilan, menstruasi).

  Alergi dipengaruhi juga oleh faktor genetik (menurun dari orang tua), immaturitas  saluran  cerna  (ketidak  matangan  saluran  cerna)  dan  paparan  (kontak  terhadap penyebab  alergi).
  Debu  dapat  menimbulkan  alergi  bila  dalam  jumlah  yang  cukup  besar, seperti bila masuk gudang, rumah yang tidak ditinggali lebih dari seminggu, saat bongkar- bongkar kamar atau saat menyapu atau saat memakai atau mengambil barang yang sudah lama tersimpan di gudang atau lemari.

  Berikut adalah beberapa tips berguna untuk mencegah terjadinya alergi debu:

a.   Selalu bersihkan pendingin ruangan (AC) dan celah-celah kipas angin yang ada di rumah anda.  Memang  sedikit  sulit  untuk  dilakukan, tapi jika  dilakukan akan  sangat membantu dalam mencegah terjadinya alergi debu.

b.   Bersihkan karpet secara berkala. Karpet merupakan magnet untuk debu menempel. Kita pasti dapat menjumpai debu dengan mudah pada bagian permukaan dan bagian bawah dari karpet. Karena itulah selalu bersihkan karpet yang ada di rumah Anda secara berkala.

c.   Sebaiknya kamar tidur tidak berada di ruang bawah tanah atau di tempat yang lembab.
Kamar sebaiknya memiliki ventilasi yang baik, sehingga tidak lembab dan sinar matahari bisa masuk. Sinar matahari terbukti dapat membunuh bakteri dan kuman.

d.   Selalu  bersihkan  mainan  berbulu.  Partikel  debu  dan  tungau  seringkali  menempel  pada mainan yang berbulu. Bersihkan mainan tersebut secara berkala atau bila memungkinkan jangan membelinya sama sekali dan mengganti mainan anak Anda dengan mainan jenis lain.

e.   Anda harus selalu mencuci tirai secara berkala jika Anda atau anak Anda rentan terhadap alergi debu. Selalu bersihkan tirai dengan air hangat seminggu sekali agar rumah Anda tetap bersih.

f.   Mengganti selimut bantal dan seprai secara berkala. Selalu ganti seprai minimal sekali dalam seminggu. Selain itu biasakan menjemur bantal dan kasur di bawah sinar matahari untuk menghilangkan partikel debu dan membunuh bakteri.

 Alergi debu dapat menyebabkan batuk dan pilek sulit untuk disembuhkan. Karena itulah selalu bersihkan seluruh sudut rumah agar Anda sekeluarga bisa hidup lebih sehat dan bebas dari alergi debu.

 Batuk pilek yang berkelanjutan biasanya diduga disebabkan oleh alergi debu atau suhu dingin. Banyak keluarga yang telah membersihkan semua debu, boneka, karpet dan kadang dipasang purifikasi  udara  tetapi  alergi  batuk  dan pilek  tidak  berkurang atau  menghilang.
Pada keadaan demikian alergi makanan harus dipikirkan sebagai salah satu yang berperan penting sebagai penyebab alergi meskipun sering tidak terdeteksi dalam pemeriksaan. Gangguan karena debu termasuk  reaksi  cepat  biasanya  tidak  berlangsung  lama,  begitu  paparan  debu  tersebut hilang maka dalam beberapa saat keluhan tersebut akan menghilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar