Kamis, 06 September 2012

Cegah Anak Agar Tidak Jajan Sembarangan

http://tipskesehatan.web.id/wp-content/uploads/2012/05/jajanan_sekolah-300x236.jpg  
Cegah Anak Sakit Jika Sembarangan Jajan

 Pencegahan peredaran jajanan dan panganan anak yang berbahaya harus serius dilakukan oleh semua pihak. Bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah meminta kepada Kemkes (Kementerian Kesehatan) untuk aktif dalam mencegah peredarannya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) tentang kualitas dan keamanan pangan dan jajan di lingkungan sekitar sekolah, ditemukan sekitar 48% jajanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya pada tahun 2008 sampai tahun 2010. Beberapa bahan berbahaya yang ditemukan antara lain rhodamin B, metanil yellow, formalin dan boraks.

Peran orang tua sangat diperlukan agar anak-anak tidak jajan sembarangan. Orang tua, khususnya para ibu, harus menjelaskan tentang bahaya jajanan dan panganan tersebut. Memberi pengertian kepada anak-anak memang tidak mudah, apalagi bagi anak-anak yang sudah terbiasa mengkonsumsi jajanan tersebut.
 Berikut adalah tips agar anak Anda tidak jajan sembarangan di sekolah:

1.Selalu konsumsi panganan sehat di rumah

 Mulailah dengan memberi contoh selalu mengkonsumsi panganan yang sehat di rumah, termasuk cemilan. Siapkan cemilan yang termasuk panganan sehat dan bebas dari bahan berbahaya dan jangan lupa selalu ingatkan agar sebelum mengkonsumsinya untuk mencuci tangan pakai sabun terlebih dahulu. Jika di rumah anak-anak sudah terbiasa dengan hidup sehat dan mengkonsumsi panganan sehat, kemungkinan besar mereka tidak akan lagi mengkonsumsi jajanan yang mengandung bahan berbahaya tersebut.

2.Bekali anak Anda dengan panganan sehat

 Bekali anak dengan panganan yang sehat dan akan lebih baik lagi jika Anda sendiri yang membuatnya. Buat variasi menu bekal tersebut agar Anak tidak bosan dengan bekal yang Anda buat. Tampilan dan rasanya juga usahakan yang disukai oleh anak-anak agar mereka tertarik untuk mengkonsumsinya. Bila Anak sudah cukup besar, tanyalah langsung kepada anak Anda panganan apa yang ia sukai.
 Selain harus tetap memperhatikan proses memasaknya, seperti cuci tangan sebelum memasak, pastikan panganan yang anak Anda konsumsi cukup nutrisinya.

 Selain orang tua, pihak sekolah juga bisa turut membantu mengurangi konsumsi jajanan yang berbahaya tersebut. Orang tua bisa mengusulkan kepada pihak sekolah agar menyediakan kantin sekolah yang menjual jajanan yang disukai oleh siswa namun bebas dari bahan-bahan berbahaya. Selain itu sekolah harus selalu memberikan pengarahan dan pengertian kepada para siswa tentang akibat yang bisa ditimbulkan apabila mengkonsumsi jajanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan juga selalu mengingatkan cuci tangan pakai sabun sebelum mengkonsumsi jajanan di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar